Entri Populer

Rabu, 18 April 2012

Anak tidak mau masuk kelas

Assalamualaikum wr. Wb.

Bu Norma,

Saya mempunyai anak usia hampir 7 tahun. Dia masih di TK. Sebelumnya tidak ada masalah, tetapi ketika saya menjadi guru baru di TK tersebut anak saya mulai menunjukkan sikap memberontak, seperti tidak mau masuk kelas, suka berada diperpustakaan sendirian. Tidak mau mengerjakan tugas dan bergabung dengan teman-temannya. Meskipun saya tidak mengajar di kelasnya. Apa yang harus saya lakukan bu?

Tita-Plosoklaten

Waalaikumsalam wr.wb.

Ibu TIta, terimakasih atas pertanyaannya. Gejala anak tidak mau masuk kelas memiliki banyak penyebab. Hal yang perlu ibu lakukan pertama, mempelajari apa yang menyebabkan anak tidak mau masuk kelas. Apakah karena perlekatan orang tua, dalam hal ini kedatangan ibu menjadi guru disana membuat anak merasa memiliki pelindung untuk melakukan pemberontakan, dilihat dari waktu munculnya gejala? Apakah karena anak sudah bosan dengan materi di TK, mengingat usianya yang hampir 7 tahun? Apakah ada masalah dengan guru atau teman ? apakah anak memiliki sifat keras dan mental kuat/tahan banting? Ataukah sangat perasa dan rapuh?

Bila penyebabnya sudah ditemukan, pertama ibu Tita dapat mengajak anak berbicara dalam situasi yang menyenangkan, mengenai apa yang diinginkan, kemudian bekerjasama dengan guru dan teman untuk memberikan situasi belajar yang menyenangkan. Kedua, bila sikap memberontak masih muncul, orang tua dapat menerapkan reward /hadiah yang diseimbangkan dengan konsekuensinya. Ketiga, merupakan pilihan yang terakhir, tidak disarankan dilakukan bila cara satu dan dua dapat dilakukan, yakni dengan prompting/dipaksa.

Ibu Tita yang baik, disarankan untuk memilih SD/MI yang tidak satu lembaga dimana ibu mengajar bila gejala masih berlanjut. Hal ini difungsikan untuk melatih kemandirian anak. dan jangan lupa ibu untuk selalu berdoa bagi kebaikan anak. ini ada doa nabi Zakaria yang sangat indah dalam

surat Ali Imron: 38

Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa".

Terimakasih semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar